Keistimewaan Ka’bah Yang Jarang Disadari Oleh Jama’ah

SARANA UMRAH – Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قاَلَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ، وَصَلاَةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ.

أخرجه أحمد وابن ماجه وصححه الألباني

“Shalat di masjidku ini lebih utama seribu shalat dari shalat di masjid selainnya, kecuali masjidil haram, dan shalat di masjidil haram lebih utama seratus ribu kali dari shalat di masjid selainnya.”

Ini merupakan keistimewaan Masjidil Haram. Banyak jama’ah yang ingin berlama-lama di dalam masjid, menunaikan shalat fardhu atau sunnah hingga memanjatkan doa. Namun ada hal lain yang menarik dan patut untuk kita simak yaitu keistimewaan Ka’bah yang mungkin sebagian orang jarang menyadarinya.

Banyak yang terkesima dengan Kubus Hitam yang tinggi besar dihadapannya hingga secara spontan takbir pun diucapkan apalagi ketika pertama kali melihatnya.

Jama’ah Sarana Umrah saat berada di Masjidil Haram, Mekah / Doc. Sarana Umrah

Tahukah jama’ah sekalian, bahwa melihatnya berlama-lama dengan ta’dzim, penuh kesadaran dan keyakinan adalah sebuah ibadah yang tentunya berpahala ?

Allah SWT memerintahkan: “Maka hadapkan wajahmu ke arah Masjidil Haram yaitu Ka’bah.” Meski yang dimaksud ayat ini adalah arah kiblat sholat, namun ayat ini pun secara dzahir berarti memerintahkan kita untuk memandangnya.

Dalam hadits riwayat Sayyidah Aisyah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW : “Annadhratu ilal ka’bati ibaadatun” yang artinya Memandang Ka’bah itu adalah ibadah. Demikian pula Ibnu Abbas RA mengatakan bahwa memandang Ka’bah akan menambah keimanan.

Maka jangan heran jika setelah shalat fardhu, banyak jama’ah yang duduk-duduk mengelillingi Ka’bah sambil memandangnya dengan penuh keyakinan dan keimanan. Insya Allah, Allah SWT memberikan pahala besar hanya dengan melakukan hal tersebut.

Jadi, jama’ah Sarana Umrah yang dirahmati Allah, manfaatkanlah waktu terutama mata kita ketika berada di dalam masjidil Haram, Karena bisa jadi hal yang dianggap kecil pun pun bisa menjadi pahala yang besar atau bahkan sebaliknya.

Program Umrah 1441 H / 2020

Leave a Comment

0

Start typing and press Enter to search